Monday, 3 October 2011

Menyimak Berita

Topik Berita : Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Sumber Berita : www.liputan6.com

Isi Berita : sejumlah tokoh agama dan politisi mendeklarasikan pentingnya Pancasila sebagai dasar negara.
Dalam deklarasi itu para tokoh berpendapat lunturnya nilai-nilai Pancasila dianggap sebagai salah satu sebab tumbuhnya radikalisme dan kesewenang-wenangan atas nama agama. Karena itu pada momentum peringatan Hari Kesaktian Pancasila para tokoh agama dan politisi menegaskan kembali Pancasila sebagai ideologi yang mempersatukan bangsa Indonesia.

Analisis Unsur :

· Apa = Deklarasi Pentingnya Pancasila Sebagai Dasar Negara

· Siapa = Sejumlah tokoh agama dan politisi dari kota bogor

· Mengapa = Lunturnya nilai-nilai pancasila di kalangan masyarakat. Menjadikan sejumlah tokoh agama dan politisi mendeklarasikan pancasila sebagi dasar negara.

· Kapan = Pada tanggal 1 Oktober 2011

· Dimana = Bogor, Jawa Barat

· Bagaimana = Sejumlah tokoh agama dan politisi mendeklarasikan pentingnya pancasila sebagai dasar negara di Bogor, Jawa Barat.

Komentar / Tanggapan saya : Saya menyetujui deklarasi yang dilakukan oleh sejumlah tokoh agama dan politisi tersebut, karena Sebagai dasar negara, Pancasila tidak hanya merupakan sumber derivasi peraturan perundang-undangan.Melainkan juga Pancasila dapat dikatakan sebagai sumber moralitas terutama dalam hubungan dengan legitimasi kekuasaan, hukum, serta berbagai kebijakan dalam pelaksanaan dan penyelenggaraan negara.

0 Komentar:

Post a Comment

Kritikan, Saran, dan Testimonial merupakan sesuatu yg kami harapkan :)

-Pengunjung-

=-Visitors-=