Sunday, 27 November 2011

Pembentukan Harga Pasar

A. PENGERTIAN HARGA PASAR

- Harga pasar atau Harga keseimbangan adalah Harga yang disepakati oleh pihak penjual dan pihak pembeli pada tingkatan harga tertentu.

- Pada tingkatan harga tertentu, jumlah barang dan jasa yang diminta sama dengan jumlah barang dan jasa yang ditawarkan.

- Terbentuknya harga ditentukan berdasarkan hukum ekonomi ( hukum permintaan dan hukum penawaran ) yaitu sebagai berikut :

1. Harga akan tetap jika permintaan seimbang.

2. Permintaan makin bertambah, jika harga turun, penawaran akan berkurang

jika harga makin turun.

3. Makin banyak permintaan, harga makin tinggi, makin banyak penawaran,

harga makin rendah.

B. PROSES TERBENTUKNYA HARGA PASAR

- Harga pasar akan tercapai setelah melalui serangkaian proses tawar – menawar antara penjual dan pembeli.

- Apabila harga barang atau jasa yang ditawarkan oleh penjual dirasa terlalu tinggi oleh pembeli maka barang dan jasa tersebut tidak dapat terjual.

- Istilah Surplus dikenal dengan pengertian suatu keadaaan dimana terjadi kelebihan penawaran.

- Istilah Shortage dikenal dengan pengertian suatu keadaan dimana terjadi kelebihan permintaan

- Prinsip Ceteris Paribus berlaku dalam hal ini, yaitu Harga merupakan satu – satunya faktor yang menentukan permintaan dari pembeli dan penawaran dari penjual.

- Faktor – Faktor yang mempengaruhi harga pasar :

1. Permintaan terhadap barang atau jasa bertambah, sedangkan jumlah barang atau

jasa terbatas.

2. Tinggi rendahnya biaya produksi.

3. Pandangan masa depan dari produsen atau konsumen.

4. Produsen mengetahui selera konsumen.

5. Penawaran terhadap barang atau jasa bertambah, sedangkan daya beli konsumen

Tetap atau berkurang

- Peranan Harga pasar dalam perekonomian :

1. Menunjukan perubahan kebutuhan masyarakat.

2. Membantu menentukan penawaran.

3. Menggerakkan pengusaha untuk berkreasi terhadap perubahan permintaan

- Fungsi harga pasar adalah sebagai berikut :

1. Menentukan jenis barang yang akan diproduksi.

2. Menentukan pembagian hasil produksi diantara para konsumen.

3. Menentukan teknologi yang akan digunakan dalam proses produksi.

- Kurva Keseimbangan penawaran dan permintaan :

Harga ( P )

Permintaan

Penawaran

Rp 2500

5

20

Rp 2000

10

15

Rp 1500

12

12

Rp 1000

15

10

Rp 500

20

5

11 Komentar:

Dinda Debby Comsicaseft said...

Sangat membantu

Dinda Debby Comsicaseft said...
This comment has been removed by the author.
Rama Windhu Putra said...

Terimakasih atas dukungannya :)

Anonymous said...

Boleh tau ga de, ini referensinya dari buku apa? Trims

Rama Windhu Putra said...

@anonim : Kebetulan tugas ini saya buat saat saya SMP, jadi sumber nya saya lupa :)

Rina Dhila said...

Makasih ya, ini membantu saya :)

Christyne Natalia Harianja said...

Thankyouuu

Asror SMK said...

thanks sahabat,,

Muhamad Arief Biamrillah said...

alangkah baiknya bila ada dapusnya

Emmanuel Justin Gunawan said...

Apakah ada soal latihannya ga??

Sell Tiket said...

Tiket Pesawat Murah Online, dapatkan segera di SELL TIKET Klik disini:
selltiket.com
Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
Bergabung segera di agen.selltiket.com

INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
No handphone :085365566333
PIN : 5A298D36

Segera Mendaftar Sebelum Terlambat. !!!

Post a Comment

Kritikan, Saran, dan Testimonial merupakan sesuatu yg kami harapkan :)

-Pengunjung-

=-Visitors-=