Sunday, 20 November 2011

Lingkungan Yang Seimbang

Lingkungan yang seimbang memiliki memiliki daya lenting dan daya dukung yang tinggi.
Keseimbangan lingkungan ini di tentukan oleh seimbangnya energi yang masuk dan energi yang digunakan, serta adanya keseimbangan faktor-faktor biotik. Tetapi jika terdapat gangguan terhadap salah satu factor-faktor tersebut dapat menimbulkan gangguan terhadap keseimbangan lingkungan. Lingkungan adalah segala sesuatu yang terdapat di sekitar mahluk hidup. Lingkungan terdiri factor biotik dan abiotik. lingkungan tersebut membentuk suatu sistem, yang disebut sebagai sistem lingkungan atau ekosistem. Ekosistem (sistem lingkungan) dapat tumbuh dan berkembang hingga mencapai klimaks, dan mencapai keseimbangan lingkungan. Sistem lingkungan itu memiliki daya lenting, yakni daya untuk pulih kembali ke keadaan seimbang. Selain itu,sistem lingkungan juga memiliki daya dukung, yakni kemampuan lingkungan untuk dapat memenuhi kebutuhan mahluk hidup agar dapat tumbuh dan berkembang secara wajar di dalamnya. Namun dalam kondisi kenyataan saat ini banyak ekosistem alam yang tidak seimbang seperti tanah yang gersang, ini menjadikan makhluk hidup di sekitarnya sulit untuk mendapatkan makanan sehingga tidak mampu untuk bertahan hidup. Masyarakat seringkali tidak peduli terhadap hal ini dan menjadikan lingkungan tetap tidak seimbang. Masalah yang terjadi ialah lingkungan yang gersang menjadikan ekosistem alam tidak seimbang. Solusi untuk permasalahan ini yaitu :

· Dengan cara rehabilitasi lahan yaitu penghijauan kembali.

Penghijauan kembali mampu untuk mengatasi kegersangan pada lahan sehingga lahan tidak lagi menjadi gersang.

· Pembersihan saluran air.

Jika saluran air tidak dijaga kebersihannya maka saluran tersebut akan mampet. Saluran air yang mampet dapat menghalau air yang semestinya disalurkan ke llingkungan sekitar. Jika air tidak disalurkan, maka lingkungan di sekitar akan kekurangan air atau gersang.

· Membuang sampah pada tempatnya.

Sampah yang dibuang dengan sembarangan dapat menyebabkan lingkungan yang seimbang menjadi tidak seimbang, terutama sampah plastik atau sampah anorganik yang tidak dapat diolah menjadi pupuk kompos.

Sumber :

http://www.anneahira.com/cara-mengatasi-pencemaran-lingkungan.htm

http://sisca0108.wordpress.com/2011/10/28/lingkungan-seimbang/

http://alumni.ugm.ac.id/simponi/?page=kart&ida=194

1 Komentar:

ustadi nu said...

saya perlu gambar lingkungan yang seimbang

Post a Comment

Kritikan, Saran, dan Testimonial merupakan sesuatu yg kami harapkan :)

-Pengunjung-

=-Visitors-=