Saturday, 30 January 2010

Penguasaan sumber daya alam


Jepang sebagai negara yang terlibat perang sangat membutuhkan bahan mentah yang dibutuhkan untuk kepentingan industri maupun kepentingan perang Jepang . Dengan memanfaatkan sumber daya alam Indonesia, kebutuhan Jepang akan bahan mentah untuk kepentingan perang Jepang dapat terpenuhi.

Pemanfaatan kekayaan alam yang dilakukan Jepang berupa, sebagai berikut :

  1. Hasil perkebunan rakyat dan pertambangan dikuasai oleh Jepang.

  2. Perkebunan yang dianggap kurang berguna diganti dengan tanaman jarak. Tanaman jarak berguna untuk berguna untuk bahan industri seperti minyak pelumas untuk mesin




  3. Meningkatkan menanam tanaman yang dibutuhkan untuk kepentingan perang. Misalnya: diperluasnya perkebunan karet, kina dan tebu.


  4. Penebangan hutan besar-besaran yang digunakan sebagai lahan pertanian untuk memenuhi kebutuhan pangan jepang

  5. Menguasai pengeboran minyak yang hasilnya digunakan untuk kepentingan Jepang, seperti untuk bahan bakar pesawat, industri dan lainnya.


  6. Penambangan biji timah dan biji besi secara besar-besaran dengan bantuan tenaga rakyat. Timah dan biji besi berguna untuk membuat mesin-mesin, badan pesawat, senjata dan alat berat lainnya

Akibat penguasaan sumber daya alam, banyak rakyat Indonesia yang menderita.


Eksploitasi besar-besaran mempunyai dampak negatif, seperti :

  • penebangan hutan besar-besaran menimbulkan kerusakan lingkungan

  • tanah yang ditanami terus menerus tanpa teknik dan pemupukan yang baik menjadi rusak dan tidak subur

  • pemotongan hewan ternak, seperti kerbau dan sapi untuk konsumsi tentara jepang padahal petani sangat membutuhkan untuk menggarap sawah

  • penguasaan terhadap sumber minyak bumi dan hasilnya diambil oleh Jepang sehingga rakyat kekuarangan bahan bakar baik untuk industri maupun kendaraan

  • penguasaan terhadap sumber minyak bumi dan hasilnya diambil oleh Jepang sehingga rakyat kekuarangan bahan bakar baik untuk industri maupun kendaraan.

  • Hasil penambangan timah dan biji besi diambil oleh Jepang untuk dijadikan alat-alat seperti mesin-mesin, badan pesawat, ragam kebutuhan industri, terutama untuk kepentingan perang Jepang.

  • Hasil penambangan timah dan biji besi diambil oleh Jepang untuk dijadikan alat-alat seperti mesin-mesin, badan pesawat, ragam kebutuhan industri, terutama untuk kepentingan perang Jepang.
Semua itu pada akhirnya membawa kesengsaraan rakyat, kemiskinan dan kelaparan timbul dimana-mana karena hampir sebagian besar hasil usaha rakyat diambil oleh Jepang demi kepentingan Jepang itu sendiri.

0 Komentar:

Post a Comment

Kritikan, Saran, dan Testimonial merupakan sesuatu yg kami harapkan :)

-Pengunjung-

=-Visitors-=